Last modified: 2019-07-06
Abstract
Berdasarkan hasil observasi lapangan yang dilakukan tim praktisi teknologi pendidikan FKIP ULM Banjarmasin yang terdiri dari dosen-dosen dan mahasiswa, terungkap bahwa para praktisi pendidikan di sekolah-sekolah Banjarmasin belum dapat menerapkan kegiatan pendidikan berbasis fullday school secara efektif. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai problema guru-guru dalam menerapkan sistem pendidikan fullday school yang notabennya meruapakan inovasi baru bagi para praktisi pendidikan di sekolah-sekolah Banjarmasin. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memperoleh gambaran tentang: (1) Analisis deskriptif kendala-kendala penyelenggaran pendidikan fullday school di sekolah-sekolah Banjarmasin, dan (2) Analisis deskriptif implementasi penyelenggaran pendidikan fullday school jangka panjang di sekolah-sekolah Banjarmasin.
Metode kegiatan penelitian yang digunakan adalah analisis-deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data triangulasi sumber data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan mahasiswa dalam proses pengumpulan instrumen penelitian secara random sampling di sekolah-sekolah Banjarmasin yang telah mengadopsi penyelenggaran pendidikan fullday school. Hasil penelitian ini mengungkap kondisi faktual penyelenggaran pendidikan fullday school di sekolah-sekolah Banjarmasin. Gambaran tentang berbagai macam kendala-kendala penyelenggaran pendidikan fullday school di sekolah-sekolah Banjarmasin dan gambaran tentang upaya-upaya implementasi penyelenggaran pendidikan fullday school di sekolah-sekolah Banjarmasin menjadi lebih efektif.